Studi Tiru Kementerian Kesehatan RI Ke Unit Arsip IPB University

Home / Uncategorized / Studi Tiru Kementerian Kesehatan RI Ke Unit Arsip IPB University
             Studi Tiru KEMENKES RI Ke Unit Arsip IPB University Tahun 2020

 

 

Hari Rabu, tanggal 5 februari 2020, Unit Arsip IPB University menerima kunjungan studi tiru dari Kementerian Kesehatan RI. Peserta terdiri dari para pejabat beberapa bidang dan arsiparis Kemenkes RI.

Penerimaan rombongan dilaksanakan di ruang sidang Unit Arsip IPB University Gedung Perpustakaan Lantai 4 Kampus IPB Dramaga. Acara dibuka resmi oleh Kepala Tata Usaha Unit Arsip IPB University, Oman Suratman, S.Ag. yang dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih atas apresiasi dan kunjungan rombongan Kemenkes RI ke Unit Arsip IPB University, sekaligus menjelaskan sekilas tentang Unit Arsip Institut Pertanian Bogor (UA IPB) University, beberapa program kegiatan kearsipan termasuk beberapa prestasi yang sudah diraih Unit Arsip IPB University sejak didirikan diantaranya peringkat kedua kompetisi unit pengelola kearsipan di lingkungan Kementerian dan Kebudayaan tahun 2013, peringkat ketiga unit pengelola kearsipan di lingkungan Departemen Pendidikan Nasional tahun 2009, peringkat ke 3 kompetisi unit pengelola kearsipan di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2011 dan 2012, Juara satu arsiparis teladan nasional tahun 2017 dan lainnya.

Kepala Biro Umum Kemenkes RI “Desak Made Wismarini” selaku pimpinan rombongan menjelaskan bahwa Studi Tiru Kemenkes RI ke UA IPB University ini merupakan pelaksanaan tugas bagian kearsipan dan administrasi Biro Umum Kemenkes RI. Selanjutnya disampaikan juga maksud dan tujuan kunjungan studi tiru ini selain sebagai ajang silaturahmi, juga untuk mengetahui tentang pengelolaan arsip di lingkungan IPB University, tentang SDM bidang kearsipan serta tentang cara penilaian sasaran kinerja pegawai (SKP) arsiparis di IPB University.

Kesempatan dalam pertemuan ini oleh kedua belah pihak dimanfaatkan pula untuk saling berbagi pengalaman dalam pengelolaan arsip masing-masing. Terkait SKP dipaparkan dengan jelas oleh Kepala Sub Bagian Layanan Arsip dan Pembinaan Kearsipan Unit Arsip IPB University, Ir.Setyo Edi S.Th.M.Pd. Penilaian SKP arsiparis di IPB University mengacu pada aturan dasar SKP (PP 46 2011) diantaranya meliputi kinerja dan perilaku kerja, rencana kerja dan target yang akan dicapai, rencana kerja (kuantitas, kualitas, waktu), target (jumlah beban kerja yang akan dicapai dari setiap pelaksanaan tugas jabatan).

Diskusi tidak hanya terkait penilaian SKP arsiparis tetapi sampai kepada hal yg terkait pembentukan Forum Pengelola Arsip (FPA) IPB dan Assosiasi Arsip Indonesia (AAI).

Akhir acara, Kepala Sub Bagian Akuisisi dan Pengolahan Arsip IPB University, Ir.Hirra Nurlaeni, MM memberi penjelasan tentang beberapa kegiatan kearsipan yang telah dilaksanakan Unit Arsip IPB University dan juga FPA IPB tahun 2019-2020 melalui tayangan foto foto kegiatan. Melalui kegiatan ini diharapkan banyak manfaat yang diperoleh bagi Unit Arsip IPB University dan Kementerian Kesehatan RI dalam hal kearsipan.

 

 

 

Please follow and like us:
Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial