SIKD (Sistem Informasi Kearsipan Dinamis)

Home / Uncategorized / SIKD (Sistem Informasi Kearsipan Dinamis)

 

Unit Arsip IPB University kembali memperkenalkan salah satu aplikasi yang di buat oleh ANRI (Arsip Nasional Indonesia) yakni aplikasi dengan nama Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD). SIKD ini merupakan salah satu program dari ANRI dalam melakukan pembinaan terhadap Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK) Perguruan Tinggi Negeri (PTN) serta Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terhadap semua penciptaan arsip yang diamanatkan dalam Undang-undang dalam rangka mempercepat proses penyelenggaraan administrasi baik lembaga pemerintah maupun swasta dalam mengelola dan menata pemberkasan arsip yang tercipta.

Unit Arsip IPB University sendiri beserta jajarannya nanti kedepannya, diharapkan dapat mengembangkan dan menerapkan, serta mengimplementasikan aplikasi SIKD terutama di lingkungan kerjanya demi pengadministrasian dan pemberkasan serta penataan arsip dengan berbasis elektronik untuk mencapai keberhasilan dan tujuan organisasi yang lebih baik dan modern. Implementasi SIKD ini bertujuan untuk mengoptimalkan pengelolaan arsip dinamis berbasis teknologi dan informasi sebagai upaya penyelamatan arsip statis yang merupakan pertanggungjawaban nasional bagi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Selain itu, aplikasi SIKD tersebut untuk meningkatkan pengelolaan arsip dan penyajian informasi dengan menggunakan sistem informasi yang sesuai dengan kaidah kearsipan.

Perkenalan kembali aplikasi SIKD ini di ikuti oleh para staf dan pejabat di lingkungan Unit Arsip IPB University yang disambut dan dibuka oleh Kepala Unit Arsip IPB University yakni Bapak Drs. B. Mustafa, M.Lib. Pengembangan aplikasi SIKD di Unit Arsip IPB University ini juga dibantu oleh Bapak Fathurrohman, S.Kom., M.Kom. sebagai konsultan dalam pengembangan
aplikasi ini.

 

 

 

Please follow and like us:
Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial