Prestasi Tendik

Home / Prestasi Tendik

Sejak terbentuk berupa bidang di bawah Perpustakaan IPB, lembaga kearsipan IPB telah menorehkan prestasi yang cukup membanggakan di tingkat Nasional. Lembaga Kearsipan IPB menjadi Juara Tiga Nasional berturut-turut pada tahun 2009, 2010, dan 2012; dan menjadi Juara Dua pada tahun 2013 untuk kategori Lembaga Kearsipan Perguruan Tinggi seluruh Indonesia. Pada tahun 2014 dan 2015 tidak diadakan lomba untuk kategori tersebut.

Pada awal tahun 2014, Unit Arsip IPB telah mendapatkan predikat Akreditasi B dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) untuk Lembaga Kearsipan Perguruan Tinggi. Pada akhir tahun 2013 Unit Arsip IPB menyelenggarakan Seminar Nasional Kearsipan dengan sukses ang dihadiri oleh arsiparis fungsional, pengelola arsip dan pejabat kearsipan dari seluruh Indonesia.

Sampai saat ini Unit Arsip IPB sering menerima kunjungan studi banding arsiparis fungsional, pengelola arsip dan pejabat kearsipan darai lembaga kearsipan perguruan tinggi atau instansi lainnya.

Unit IPB sudah memiliki NSPK (Norma, Standar, Pedoman, dan Kriteria) berupa peraturan, pedoman dan POB (Prosedur Operasi Baku) yang sudah disesuaikan dengan peraturan yang berlaku. Antara lain sudah dibuat Pedoman Tata Naskah Dinas, Pola Klasifikasi, Penentuan Jadwal Retensi Arsip serta Hak Akses dan Keamanan Data.

Selain itu, tenaga kependidikan (tendik) di Unit Arsip IPB, maupun para arsiparis fungsional yang tersebar keberadaannya di masing – masing unit kerja di lingkungan IPB, juga sering mengikuti lomba-lomba di tingkat nasional untuk unit kerja di lingkungan IPB.

Drs. B. Mustafa, M.Lib, dipercaya menjadi konsultan dalam pengembangan Kantor Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi (KPAD) Kabupaten Murung Raya Kalimantan Tengah, dengan produk utama Buku Grand Design Penyelenggaraan Kantor Perpustakaan, Arsip, dan Dokumentasi (KPAD) Kabupaten Murung Raya.

Ir. Anita Handayani yang dulu pernah menjadi staf Unit Arsip, pernah menjuarai lomba blog pribadi staf IPB, empat tahun berturut-turut tahun 2011, 2012, 2013, dan 2014.

Ir. Setyo Edy Susanto, S.Th.I. menjadi Pegawai Berprestasi Terbaik ke-1 Perpus IPB (2007), Juara 2 Tendik berprestasi Perpustakaan IPB (2009), Pegawai Administrasi Umum ke 1 tingkat IPB (2011), Arsiparis Berprestasi ke 1 tingkat IPB (2014), Arsiparis Berprestasi ke 1 tingkat IPB (2015).

 

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial