Jl. Kamper Gd. A Perpustakaan Lt.1

“Preserving the Past, Shaping the Future”

Pelayanan Prima “Sepenuh Hati”

Pelayanan Prima “Sepenuh Hati” / Pelatihan 18-20 September 2018

Pelayanan Prima “Sepenuh Hati”

 

 

 

           With Hearty Service Trainer

Hearty Service :

Pelayanan Prima untuk sebuah hal, itu sangat dibutuhkan dan menjadi sebuah kebutuhan agar segala keperluan kita nantinya akan terpenuhi dengan sangat baik dan memuaskan. Pelayanan prima itu tidak lepas dari peranan kedua belah pihak yang saling membututuhkan. Pihak pertama yaitu si pemberi layanan dan pihak kedua yakni yang dilayani atau yang membutuhkan sebuah pelayanan. Dari peranan ini, maka akan mulai dirasakan mengenai apa itu sebuah layanan dan pentingnya sebuah pelayanan.

 

 

 

Tentu semua pihak termasuk kita pasti telah merasakan atau mengetahui berbagai hal tentang pelayanan
ini terutama ketika menjalani kehidupan sehari hari dalam hal ini di rutinitas masing-masing tempat kita bekerja atau orang lain bekerja. Apakah pelayanan tersebut memuaskan dan berhasil dengan baik ? Atau sebaliknya, malah membuat kecewa atau lainnya ?

Maka dengan adanya pelatihan yang diadakan pada tanggal 18 – 20 September 2018 ini. Kita semua diberi banyak wawasan dan diingatkan kembali, yang mungkin kita sendiri tidak menyadari bahwa betapa pentingnya dampak dari sebuah layanan dalam berkehidupan terutama di rutinitas kita sehari-hari. Adapun peserta yang mengikuti pelatihan layanan prima kali ini adalah para tenaga pendidik (tendik) di lingkup kerja civitas akademika IPB, yang memang banyak berkecimpung di bidang layanan dan mewakili unit kerja masing-masing, termasuk mengikut sertakan perwakilan tendik dari Unit Arsip IPB.

Service is not a knowledge; it’s a personality

Sebuah pelayanan prima itu tidak hanya karena adanya SOP  yang mengharuskannya. Tetapi harus juga didukung
faktor lain yang diantaranya adalah personality dari kedua belah pihak, yakni si pemberi layanan dan yang membutuhkan layanan. Ketika keduanya ini mempunyai rasa sepenuh hati atau tulus. Maka rasa empati pun kan muncul dalam interaksi ini sehingga sebuah pelayanan kan saling menghasilkan kondisi yang baik bahkan memuaskan bagia keduanya.

Prinsip Pelayanan

Menurut Agni Shanti Mayangsari sebagai Trainer. Ada dua prinsip penting dalam suatu pelayanan ;

  • Altruistic : Hukum Tebar dan Tuai ; Berikan kebahagiaan kepada orang lain, maka kita akan mendapat kebahagiaan yang sama dari orang lain.
  1. Getting Pleasure
  2. By Giving Pleasure
  • Hearty Service : Pelayanan Sepenuh Hati ; Pelayanan yang baik, datangnya harus dari hati yang baik.
  1. Give your Best Look
  2. Diliver your Best Word
  3. Choose the Best Role

Dengan adanya Pelatihan Pelayanan Prima ini, semoga kita semua lebih menyadari kembali bahwa pelayanan tersebut akan membawa banyak dampak bagi kehidupan sehari-hari baik untuk pribadi maupun orang lain, juga untuk suatu organisasi. Bahwa pelayanan juga adalah suatu kebutuhan bagi kita semua dan sangat diperlukan dalam semua aktifitas sehingga baik buruknya itu ditentukan oleh diri kita sendiri.

 

[DISPLAY_ULTIMATE_SOCIAL_ICONS]

 

Archives