KEGIATAN BIMBINGAN TEKNIS KEARSIPAN ONLINE 31 OKTOBER 2020 TEMA : “Tips dan Trik Menghadapi Sertifikasi Pengelolaan Arsip Dinamis (PAD)”

Home / Uncategorized / KEGIATAN BIMBINGAN TEKNIS KEARSIPAN ONLINE 31 OKTOBER 2020 TEMA : “Tips dan Trik Menghadapi Sertifikasi Pengelolaan Arsip Dinamis (PAD)”

KEGIATAN BIMBINGAN TEKNIS KEARSIPAN ONLINE 31 OKTOBER 2020

TEMA : “Tips dan Trik Menghadapi Sertifikasi Pengelolaan Arsip Dinamis (PAD)”

 

 

Forum Pengelola Arsip (FPA) bekerjasama dengan Unit Arsip (UA) Institut Pertanian Bogor menyelenggarakan Bimbingan Teknis Kearsipan secara online pada   tanggal 31 Oktober 2020 dengan  Tema Tips dan Trik Menghadapi Sertifikasi Pengelolaan Arsip Dinamis (PAD)”. 

 

Kegiatan ini dibuka resmi oleh Wakil Rektor IPB Bidang Kerjasama dan Sistem Informasi, Bapak Prof. Dr. Ir. Dodik Ridho Nurrohmat, M.Sc.F. yang dalam  sambutannya menyampaikan bahwa  salah satu wujud kepedulian IPB dalam rangka mengemban tanggung jawab untuk melaksanakan pembinaan dan pengembangan sumber daya manusia khususnya di bidang kearsipan, adalah dengan senantiasa memberikan bekal dan pengetahuan mengenai kearsipan secara rutin. Karena penyelenggaraan tugas umum pekerjaan sehari-hari dapat dilaksanakan dengan optimal, apabila kearsipannya diimplementasikan secara baik dan benar.  Perlu diketahui bahwa sesuai dengan Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2009 Tentang Kearsipan bahwa sumberdaya manusia kearsipan perlu memiliki kompetensi dibidang kearsipan diantaranya adalah kompetensi pengelolaan arsip dinamis. Kompetensi tersebut diperoleh dengan beberapa cara diantaranya adalah dengan mengikuti Sertifikasi Pengelolaan Arsip Dinamis yang diselenggarakan oleh Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI). Agar lulus dalam sertifikasi tersebut diperlukan persiapan sesuai dengan materi yang akan diujikan. Dengan bimteknas ini diharapkan para peserta dapat lebih mempersiapkan diri sehingga dapat lulus ketika nanti mengikuti Sertifikasi Pengelolaan Arsip DInamis ungkapnya.

Dalam kesempatan ini juga Kepala Unit Arsip IPB, Drs. B. Mustafa, M.Lib. memberikan  sambutan dan mengemukakan bahwa BIMTKENAS Kearsipan 2020 ini adalah yang ke 3 (tiga) diselenggarakan FPA IPB. Tahun 2018 diselenggarakan bekerjasama dengan Unit Arsip dan Perpustakaan IPB, 2019 dan 2020 bekerjasama dengan Unit Arsip IPB.  Diharapkan melalui kegiatan ini akan memberi secercah harapan positif dalam usaha peningkatan kapasitas dan kompetensi pengelola arsip yang pada gilirannya akan mendorong pengembangan sistem pengelolaan kearsipan dan tentunya akan bermanfaat bagi bangsa dan negara Indonesia  ungkapnya.

Ketua FPA IPB  Ir. Setyo Edy Susanto, S.Th.I., M.Pd. menjelaskan tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan kompetensi insan kearsipan khususnya dalam kompetensi PAD, sehingga para insan kearsipan dapat melaksanakn PAD secara baik dan benar serta menghasilkan arsip dinamis yang autentik, yang merupakan bukti akuntabilitas kinerja baik akuntabilitas kinerja perorangan maupun akuntabilitas kinerja organisasi,  Kegiatan  diikuti oleh 335 orang peserta  berasal dari  dalam dan luar IPB dari  Institusi berbagai daerah  di Indonesia, terdiri dari  para pejabat fungsional arsiparis, para pejabat dan tenaga kependidikan pengelola arsip, para pengajar dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan yang sederajat, para tenaga administrasi berbagai bidang dan SDM lainnya para pemerhati kearsipan ungkapnya.

Sekretaris FPA IPB selaku ketua pelaksana kegiatan  “Ir. Hirra Nurlaeni, MM.  menambahkan penjelasan tentang  materi dan para narasumber Bimteknas Kearsipan 2020 ini.  Narasumber kegiatan ini seluruhnya adalah para pejabat fungsional arsiparis IPB yaitu Farhah Faridah, S.E, M.M. (Arsiparis Ahli Madya) memaparkan materi “Pemberkasan Arsip Aktif”,  Dra. Sri Nooryani, M.M. (Arsiparis Ahli Muda) dengan materi Pemindahan Arsip In Aktif, Ir. Setyo Edy Soesanto, S.Th.I., M.Pd (Arsiparis Ahli Madya) menyampaikan materi Pemusnahan Arsip. Dalam Bimteknas Kearsipan peserta  mengikuti Simulasi Uji Potensi Diri  dan Simulasi Tes PAD secara Daring yang dipandu oleh Adelyna, S.TP, M.M.  (Arsiparis Ahli Muda).

Semoga kegiatan ini bermanfaat bagi banyak pihak dan diharapkan  para peserta termotivasi dan  dapat lebih siap  mengikuti Sertifikasi PAD yang diselenggarakan oleh Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), sebagai salah satu sarana untuk peningkatan dan pengakuan kompetensi dibidang kearsipan.

Sumber : Ir. Hirra Nurlaeni, MM.

 

Please follow and like us:
Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial